Vietnam Hajar Laos, Peringkat Indonesia Merosot

Vietnam Hajar Laos, Peringkat Indonesia Merosot

Klasemen Piala AFF 2014 Grup A kini cukup memprihatinkan bagi Indonesia. Kalah 4-0 atas Filipina, dan diiringi kemenangan 3-0 Vietnam atas Laos, akhirnya menempatkan tim asuhan Alfred Riedl di peringkat ketiga, yang dipastikan sulit untuk lolos ke babak semifinal.

Kalah telak dari Filipina dengan skor seperti itu tentulah tak pernah terbayang sebelumnya. Gol-gol yang dicetak Phil Younghusband, Manuel Ott, Martin Steuble, dan Rob Gier mencatatkan sejarah bagi Filipina yang pertama kalinya menang atas Indonesia.

Situasi pun memburuk bagi Indonesia setelah Vietnam menghajar Laos 3-0 di laga berikutnya. Kemenangan anak asuh Toshiya Miura itu tercipta lewat gol-gol dari Vu Minh Tuan, Le Cong Vinh, dan Nguyen Huy Hung.

Dari dua hasil tersebut, maka Filipina dipastikan lolos ke babak semifinal. Sementara satu tiket yang tersisa akan diperebutkan oleh Vietnam dan Indonesia.

Yang menjadi permasalahan, Indonesia sedang berada dalam posisi yang tak menguntungkan bagi laga penentuan nanti. Memang Indonesia akan menghadapi Laos, namun dengan performa dan mental yang ada kini, tampaknya sulit bagi Zulham Zamrun dkk untuk bisa menang. Di sisi lain, kubu Vietnam sendiri hanya butuh hasil seri melawan Filipina.