Puluhan Warga Banjarnegara Dilatih untuk Amankan Jokowi

Puluhan Warga Banjarnegara Dilatih untuk Amankan Jokowi

Sejumlah 40 warga Karangkobar, Banjarnegara, terlihat serius saat mendengarkan arahan dari salah satu anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Minggu 14 Desember 2014.

Rupanya mereka diberi latihan dalam menghadapi situasi keramaian saat Presiden Joko Widodo datang berkunjung ke lokasi bencana longsor tersebut.

Warga diminta untuk membentuk barisan lalu bergandengan tangan. Ditunjuk pemimpin dari salah satu warga tersebut. Mereka pun diminta untuk menyimak instruksi yang diberikan pemimpin yang telah ditunjuk.

"Nanti tolong dengarkan instruksi dari pemimpin. Jangan sampai genggaman Anda lepas. Jadi jangan seenaknya sendiri," kata seorang personel Paspamres di lapangan bola Karangkobar, Minggu siang.


Kegiatan latihan ini pun jadi tontonan para warga yang mengharapkan untuk bisa melihat Jokowi dari dekat. Berdasarkan informasi yang diperoleh, Presiden Jokowi sedang meninjau lokasi tanah longsor, di Dusun Jemblung, Sampang, Banjarnegara.

"Katanya Pak Jokowi mau ke sini, tapi belum tahu kapan. Mau lewat sini katanya, tapi ada tiga pesawatnya di depan SMA Karangkobar," ujar seorang warga bernama Suprapto.


Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Widodo menuju Banjarnegara dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu pagi. Jokowi meninjau secara langsung proses pencarian dan evakuasi korban longsor dengan menggunakan pesawat CN-295 milik TNI AU.